Thursday, May 19, 2011

Tour de Bandung - Pangandaran - Cijulang (15 - 17 Mei 2011)

"Membosankan..."
Begitulah yang ada di benakku ketika akan melewati 'libur panjang' di bulan Mei (14 - 17 Mei 2011). Tanggal 17 Mei 2011 adalah Hari Raya Waisak, dan kebetulan Pemerintah mengumumkan hari Senin sebagai hari cuti bersama (meski pengumumannya hari Jumat jam 3 sore, *sangat mendadak).

Awalnya aku dan teman-temanku berencana akan berlibur ke Ujung Genteng, namun berhubung yang bisa cuma 3 orang, akhirnya rencana perjalanan kami ditunda.

Sabtu, 14 Mei 2011
Hari sabtu berlalu seperti hari libur biasanya. Aku menghabiskan waktu bersama teman-teman kostan sambil nonton DVD dan main UNO bareng.

Namun, dihari sabtu inilah ideku untuk pergi ke Bandung muncul. Sudah hampir 3 bulan ini aku berencana untuk pergi ke Bandung, namun tidak kunjung terealisasi. "Inilah saatnya." Gumanku... Dan kebetulan, temenku Nasyih (senior sewaktu kuliah sekaligus teman satu kost) juga berencana ke Bandung. Akhirnya kami putuskan buat pergi bareng ke Bandung bersama.

Minggu, 15 Mei 2011
Tidak ada jam pasti kapan kita akan berangkat ke Bandung. "santai, enjoy, dan gak usah terikat oleh waktu." Begitulah prinsip sederhana kami.

Sebelum berangkat, aku mesti ke rumah sodaraku dulu di daerah Tanah Abang untuk mengambil kamera kesayanganku yang dipinjam sodaraku. Setelah mendapat pinjaman motor dari temen kost, segera aku bergegas ke rumah sodaraku.

Sesampainya dirumah sodaraku, tanpa diduga sebuah kejutan kecil menyambutku. Ternyata istri sodaraku melahirkan! Yasudah, skalian aja njenguk keponakan kecil baruku yang cantik. Plus makan siang gratis di rumah makan sate khas Jogja bareng Kakek dan sodaraku.

Sesudah itu, aku langsung meluncur kembali ke kostku di daerah Setiabudi.

Setelah packing and sholat Ashar,  aku dan Nasyih langsung meluncur ke Stasiun Gambir. Tapi sayang sekali, ternyata tiket kereta ke Bandung untuk hari minggu sudah habis. Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan travel dengan tarif Rp 70.000,00.

Perjalanan dari Jakarta ke Bandung membuatku senyum-senyum sendiri. Bukannya gila, tapi aku senang karena setelah sekian lama, akhirnya aku bisa melihat pemandangan yang hijau lagi. Perpaduan antara persawahan dan perbukitan sedikit mengingatkanku akan perjalanan dari Surabaya ke Solo dan Jogja.

Travel kami sempat beristirahat sebentar di Rest Area Tol Cipularang. Sambil menunggu temen-temen 1 travel yang ke-toilet ataupun beli minum, aku sempat berbincang sebentar dengan orang dari Jerman yang kebetulan satu travel denganku. Ternyata dia baru pertama ke Indonesia. Dan dia berencana untuk jalan-jalan ke Bandung, Jogja, dan tentu saja Bali. Aku sedikit iri dengan dia. Pasti akan menjadi perjalanan dan liburan yang menyenangkan.

Perjalanan ke Bandung begitu lancar. Tepat sebelum Maghrib, kami telah sampai di Kota Bandung. Kami memutuskan untuk turun di Masjid Raya Cipaganti. Setelah sholat Maghrib, aku dan Nasyih berjalan menuju Ciwalk (Cihampelas Walk) yang berjarak kurang lebih 100 meter dari Masjid. Disinilah aku janjian ketemu dengan Penyo alias Prast. Seniorku sewaktu kuliah dan sekarang dia melanjutkan kuliah S2 di ITB.

Suasana Ciwalk (Cihampelas Walk)
Suasana Ciwalk begitu nyaman. Selain karena hawa kota Bandung yang begitu sejuk, mall semi outdoor ini dipenuhi dengan taman. Ditambah lagi, saat itu kota Bandung sedang gerimis, sehingga membuat aku betah untuk menunggu jemputan dari Penyo.

Sayang, aku nunggunya barengan Nasyih. Andai saat itu aku nunggu bareng pasanganku atau seorang cewek, pasti suasananya lebih 'hangat' lagi. Hehehe...

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam, akhirnya Penyo-pun datang. Maklum, Bandung menjadi sangat macet saat liburan. Berkebalikan dengan kota Jakarta.

Setelah keluar dari Ciwalk, kami mampir sebentar ke warkop. Di warkop, kami bersepakat untuk pergi ke Dago Plaza dan bermain bilyard. Jauh-jauh ke Bandung malah main bilyard... Tapi yasudahlah, yang penting enjoy. Setelah pulang dari dago Plaza, kamipun menginap di kostannya Penyo.

bersambung...

2 comments:

  1. Tambahin gambarnya lagi Sa,...
    Gedung mirip kapsul warna hitam pas masuk Ciwalk itu juga bagus loh...

    ReplyDelete
  2. Ini lo Gene, belum selse. Masih bingung mbikinnya. Haha

    ReplyDelete